Karangkajen, Jumat (3/1/2025) – MTs Muhammadiyah Karangkajen menggelar Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) tingkat madrasah dengan tujuan menyamakan capaian materi pembelajaran di semester genap tahun ajaran 2024/2025. Kegiatan ini menjadi langkah strategis untuk meningkatkan kualitas pembelajaran dan pelayanan terhadap peserta didik serta orang tua.
Dipimpin langsung oleh Kepala Madrasah Badrudin ARK., S.Ag., M.S.I., kegiatan ini mendapat dukungan penuh dari jajaran pimpinan madrasah. Dalam sambutannya, Badrudin menyampaikan bahwa musyawarah ini merupakan momentum penting untuk merefleksikan pembelajaran sebelumnya sekaligus menyusun langkah konkret guna mencapai hasil yang lebih baik di masa mendatang.
“Kualitas pembelajaran tidak hanya bergantung pada materi, tetapi juga pada sinergi seluruh guru. Dengan musyawarah ini, kita berharap dapat memberikan pelayanan terbaik kepada peserta didik dan orang tua,” ungkapnya.
Kegiatan ini diikuti oleh seluruh guru yang terbagi dalam enam rumpun mata pelajaran, yaitu Sosial, MIPA, Bahasa, Keislaman dan Kemuhammadiyahan (ISMU), Bimbingan Konseling, Mulok, Keterampilan, dan Penjaskes. Dipandu oleh bagian kurikulum, para guru dengan semangat dan antusiasme tinggi memulai kegiatan dengan refleksi dan evaluasi pembelajaran semester ganjil.
Agenda dilanjutkan dengan diskusi terkait kepengurusan baru MGMP madrasah, penyusunan program kerja MGMP, dan penyelarasan capaian materi pembelajaran sesuai mata pelajaran masing-masing. Kegiatan ini menjadi ruang kolaborasi dan saling berbagi ide untuk menciptakan pembelajaran yang efektif dan menyenangkan.
Sebagai penutup, setiap rumpun mata pelajaran mempresentasikan hasil diskusi mereka. Presentasi ini menjadi momen penting untuk menyelaraskan visi dan strategi pengajaran yang lebih baik.
Dengan berakhirnya kegiatan MGMP ini, diharapkan capaian pembelajaran di semester genap dapat berjalan sesuai target, memberikan dampak positif bagi peserta didik, dan meningkatkan kualitas pendidikan di MTs Muhammadiyah Karangkajen.