Visi:

 
“Visi MTs Muhammadiyah Karangkajen Yogyakarta Tahun Pelajaran 2023/2024 adalah “Terbentuknya generasi yang beriman dan bertaqwa, toleran dan nasionalis, menjunjung tinggi nilai-nilai kearifan lokal dan budaya, unggul dalam IPTEK, berdaya guna, berwawasan lingkungan, bersikap kreatif, inovatif, dan kompetitif di era global serta siap menjadi kader persyarikatan dan bangsa”.

Indikator Visi:

  1. Terwujudnya peserta didik yang beriman dan bertaqwa kepada Allah Swt.
  2. Terwujudnya pendidikan yang mengedepankan profil pelajar pancasila yang memiliki enam dimensi utama yaitu:
  3. a. Beriman, bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, dan berakhlak mulia,
    b. Mandiri,
    c. Bernalar Kritis,
    d. Kreatif,
    e. Bergotong-royong, dan
    f. Berkebinekaan global.

  4. Terwujudnya pendidikan yang mengedepankan profil rahmatan lil’aalamiin yang memiliki sepuluh dimensi utama yaitu:
  5. a. Berkeadaban (ta’addub), yaitu menjunjung tinggi akhlak mulia, karakter, identitas, dan integritas.
    b. Keteladanan (qudwah),yaitu kepeloporan, panutan, inspirator dan tuntunan.
    c. Kewarganegaraan dan kebangsaan (muwaṭanah), yaitu sikap menerima keberadaan negara (nasionalisme), mematuhi hukum negara, melestarikan budaya Indonesia.
    d. Mengambil jalan tengah (tawassuṭ), yaitu pemahaman dan pengamalan beragama yang tidak berlebih-lebihan (ifrāṭ) dan juga tidak abai terhadap ajaran agama (tafrīṭ).
    e. Berimbang (tawāzun), yaitu pemahaman dan pengamalan agama secara seimbang yang meliputi semua aspek kehidupan, baik duniawi maupun ukhrawi.
    f. Lurus dan tegas (I’tidāl), yaitu menempatkan sesuatu pada tempatnya dan melaksanakan hak dan memenuhi kewajiban secara proporsional.
    g. Kesetaraan (musāwah), yaitu persamaan, tidak diskriminatif kepada yang lain disebabkan perbedaan keyakinan, tradisi dan asal usul seseorang.
    h. Musyawarah (syūra), yaitu setiap persoalan diselesaikan dengan jalan musyawarah dengan prinsip menempatkan kemaslahatan di atas segalanya;
    i. Toleransi (tasāmuh), yaitu mengakui dan menghormati perbedaan, baik dalam aspek keagamaan maupun berbagai aspek kehidupan lainnya.
    j. Dinamis dan inovatif (tathawwur wa ibtikâr), yaitu selalu terbuka untuk melakukan perubahan-perubahan sesuai dengan perkembangan zaman serta menciptakan hal baru untuk kemaslahatan dan kemajuan umat manusia.

  6. Terwujudnya pembelajaran yang mampu menyiapkan kader-kader persyarikatan Muhammadiyah dan bangsa.

Misi:

  1. Menanamkan akidah shahihah dan akhlakul karimah berdasarkan Al-Qur’an dan As-Sunnah dan bersendikan Ketuhanan Yang Maha Esa
  2. a. Menerapkan pembelajaran agama yang sesuai dengan Al-Qur’an dan As-Sunnah
    b. Melaksanakan kegiatan pembiasaan keagamaan untuk semua peserta didik
    c. Menerapkan pembiasaan berakhlakul karimah dalam kegiatan sehari-hari

  3. Menumbuhkan sikap toleran dan nasionalis pada diri setiap peserta didik serta menjunjung tinggi nilai-nilai kearifan lokal dan budaya sebagai bagian dari keniscayaan keanekaragaman dalam bingkai Negara Kesatuan Republik Indonesia
  4. a. Melaksanakan pembiasaan sikap saling menghargai perbedaan
    b. Melaksanakan pembiasaan sikap cinta tanah air
    c. Melaksanakan pembiasaan bangga terhadap nilai-nilai kearifan lokal dan budaya

  5. Mengembangkan potensi peserta didik dibidang akademik dan non akademik melalui pembelajaran intrakurikuler dan kegiatan ekstrakurikuler
  6. a. Menentukan kriteria ketuntasan belajar peserta didik
    b. Menentukan kriteria lulusan terutama pada ujian madrasah untuk semua mata pelajaran
    c. Mengikutsertakan peserta didik untuk kegiatan lomba minimal tingkat kecamatan hingga sampai tingkat internasional.
    d. Melaksanakan pembiasaan aktif mengikuti kegiatan ekstrakurikuler wajib dan pilihan

  7. Menyelenggarakan pendidikan yang berorientasi pada pengembangan IPTEK dan moderasi keagamaan
  8. a. Melakukan kegiatan belajar mengajar dengan menyesuaian pada perkembangan IPTEK dan moderasi keagamaan
    b. Menyesuaikan pembelajaran dengan mengembangkan keterampilan abad 21
    c. Melakukan kegiatan belajar mengajar dengan mengintegrasikan literasi dan numerasi.
    d. Melakukan kegiatan belajar mengajar dengan menumbuhkan pendidikan karakter

  9. Mengembangkan matrikulasi program Baca Tulis al Qur’an (BTQ)
  10. a. Menentukan kriteria kelulusan membaca Al-Qur’an
    b. Melaksanakan program kegiatan Baca Tulis Al-Qur’an sampai lancer

  11. Mengembangkan matrikulasi program unggulan di bidang akademik, tahfidz, olah raga, wirausaha, dan seni budaya
  12. a. Mengadakan kelas unggulan tahfidz dengan tujuan melahirkan generasi penghafal Al-Qur’an
    b. Mengadakan kelas unggulan akademik dengan tujuan melahirkan generasi yang cakap dalam kemampuan akademik
    c. Mengadakan kelas khusus olah raga dengan tujuan melahirkan atlet-atlet olah raga sesuai cabang olah raga yang diminatinya
    d. Mengadakan kelas wirausaha denga tujuan melahirkan pengusaha-pengusaha muda
    a. Mengadakan kelas seni budaya dengan tujuan melahirkan seniman dan budayawan sesuai dengan bidangnya

  13. Menyelenggarakan pembelajaran bahasa Arab dan bahasa Inggris sebagai alat elaborasi pengetahuan dan komunikasi internasional.
  14. a. Menerapkan pembelajaran bahasa Arab untuk komunikasi secara lisan dan tulisan
    b.Menerapkan pembelajaran bahasa Inggris untuk komunikasi secara lisan dan tulisan

  15. Membangun habituasi karakter mandiri, jujur dan bertanggungjawab serta lingkungan madrasah yang sehat, bersih dan asri
  16. a. Melaksanakan pembiasaan karakter dalam kehidupan sehari-hari
    b. Melaksanakan kegiatan piket kelas, kerja bakti, pengelolaan sampah,
    c. Makan dan minum menggunakan alat makan dan minum secara mandiri
    d. Melaksanakan pembiasaan membuang sampah sesuai jenis sampahnya pada tempat yang telah disediakan

  17. Menumbuhkan mentalitas kuat agar bisa menjadi pribadi yang kreatif, inovatif, dan kompetitif di era global
  18. a. Melaksanakan pembelajaran yang menanamkan nilai-nilai kreatifitas pada peserta didik
    b. Membiasakan peserta didik untuk berinovasi sesuai bidangnya masing-masing
    c. Mengikutsertakan peserta didik dalam kegiatan lomba akademik atau non akademik dari tingkat kecamatan sampai internasional

  19. Menyelenggarakan proses kaderisasi Muhammadiyah di bidang organisasi dan kemasyarakartan dengan dilandasi etos juang Muhammadiyah.
  20. a. Memasukkan mata pelajaran Kemuhammadiyahan dalam pembelajaran intrakurikuler
    b. Melaksanakan pembiasaan aktif dalam berorganisasi IPM
    c. Menjadikan IPM sebagai wadah untuk mengembangkan jiwa oragnisasi peserta didik

  21. Menerapkan nilai-nilai ajaran Islam serta beramal dan melakukan hal-hal yang bermanfaat bagi kehidupan masyarakat dan bangsa demi terwujudnya Islam sebagai Rahmatan lil ‘Alamiin
  22. a. Melaksanakan pembiasaan shalat dhuha, tadarus, shalat dzuhur, shalat sunnah ba’diyah, puasa wajib (ramadhan), dan puasa sunnah ‘arafah
    b. Melaksanakan pembiasaan giat belajar dan mengerjakan tugas-tugas madrasah